Bea Cukai Beri Dua Izin Fasilitas Kawasan Berikat untuk Dorong Pemulihan Ekonomi

Bea Cukai Beri Dua Izin Fasilitas Kawasan Berikat untuk Dorong Pemulihan Ekonomi
Bea Cukai memberikan izin fasilitas kawasan berikat bagi perusahaan di Jawa Timur untuk pemulihan ekonomi pada Selasa (19/4). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAWA TIMUR - Bea Cukai berupaya menguatkan laju pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan izin fasilitas kawasan berikat.

Hal itu diyakini memberikan dampak ekonomi, seperti penyerapan tenaga kerja dan menjadi penggerak ekonomi sektor riil.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Selasa (19/4) mengatakan, izin fasilitas kawasan berikat diberikan untuk meningkatkan investasi dan ekspor.

"Kawasan berikat sebagai tempat menimbun barang impor atau barang dari daerah pabean untuk diolah sebelum diekspor atau diimpor," katanya.

Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para pelaku usaha memperoleh fasilitas fiskal dan nonfiskal.

Misalnya, penangguhan pembayaran bea masuk, tidak dipungut pajak impor, dan percepatan pengeluaran barang impor dari pelabuhan.

Bulan ini, Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I dan II telah memberikan izin kawasan berikat kepada dua perusahaan di wilayah pelayanannya.

"Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I kembali menerbitkan izin kawasan berikat kepada PT Roxy Music. Produsen gitar elektrik itu mendapatkan izin setelah memaparkan proses bisnisnya di hari yang sama," ucapnya.

Bea Cukai memberikan dua izin fasilitas kawasan berikat kepada perusahaan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News