Bea Cukai Beri Fasilitas dan Layanan Percepatan untuk Hibah Vaksin dari Tiongkok

Bea Cukai Beri Fasilitas dan Layanan Percepatan untuk Hibah Vaksin dari Tiongkok
Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan fasilitas fiskal dan layanan percepatan untuk hibah vaksin dari Tiongkok. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah Indonesia kembali menerima donasi vaksin dari pemerintah Republik Rakyat Tiongkok pada Selasa (21/12).

Sebanyak 2 juta dosis vaksin Sinovac diperoleh melalui skema kerja sama multilateral. 

Atas importasi vaksin ini, Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan fasilitas fiskal dan layanan percepatan untuk mempermudah prosesnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan meninjau pembongkaran muatan 28 isolation pasive box vaksin yang diangkut dengan maskapai penerbangan Singapore Airlines SQ 801 yang mendarat pada pukul 10.15 WIB.

Finari menjelaskan, vaksin ini diimpor Direktorat Tata Kelola Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Kementerian Kesehatan.

“Fasilitas (fiskal) berupa pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor sebagai implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-188/PMK.04/2020,” tambah Finari.

Vaksin termasuk barang yang menjadi kebutuhan mendesak di masa pandemi ini.

Karena itu, selain mendapatkan fasilitas fiskal, Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan layanan percepatan rush handling atau penanganan segera.

Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan fasilitas fiskal dan layanan percepatan untuk memudahkan prosesnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News