Bea Cukai Beri Kemudahan, Ekspor Pakan Ternak Meningkat Pesat

Bea Cukai Beri Kemudahan, Ekspor Pakan Ternak Meningkat Pesat
Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Basuki Suryanto melepas ekspor komoditas pertanian ke Timor Leste berupa empat puluh ton pakan ternak oleh PT Charoen Pokphand Indonesia. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Beragam produk komoditas pertanian Indonesia telah diekspor ke Timor Leste. Salah satunya adalah pakan ternak, yakni bahan yang dapat dimakan, dicerna dan digunakan oleh ternak, yang dapat berasal dari tanaman dan hewan.

Saat ini, ekspor pakan ternak dinilai memiliki perkembangan yang progresif dan merupakan salah satu produk Indonesia yang memiliki banyak peminat di Timor Leste.

Bea Cukai Tanjung Perak pun terus memberikan berbagai kemudahan untuk para pelaku ekspor.

BACA JUGA: Oza Olavia Buka Pertemuan Bea Cukai Tingkat ASEAN di Medan

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Basuki Suryanto melepas ekspor komoditas pertanian ke Timor Leste berupa empat puluh ton pakan ternak oleh PT Charoen Pokphand Indonesia.

Sebagai salah satu produsen pakan ternak, perusahaan ini telah diaudit untuk mendapatkan Sertifikat Cara Pembuatan Pakan yang Baik (CPPB) sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian No. 240 Tahun 2003 sehingga pakan yang dihasilkan memiliki standar kualitas yang baik.

“Ekspor pakan ternak ke Timor Leste telah dimulai sejak tahun 2018. Pelepasan ekspor tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 700 persen dan diprediksi menembus angka 78.000 ton per tahun,” ujar Basuki, Selasa (27/8).

Dia menambahkan, hal itu tidak terlepas dari sinergi instansi terkait, yaitu Pemerintah Daerah Sidoarjo, Bea Cukai, TNI, POLRI, dan Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya.

Beragam produk komoditas pertanian Indonesia telah diekspor ke Timor Leste. Salah satunya adalah pakan ternak, yakni bahan yang dapat dimakan, dicerna dan digunakan oleh ternak, yang dapat berasal dari tanaman dan hewan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News