Bea Cukai Beri Tips kepada Pelaku UMKM untuk Jadi Pengekspor, Simak ya

Bea Cukai Beri Tips kepada Pelaku UMKM untuk Jadi Pengekspor, Simak ya
Bea Cukai memberikan asistensi dan kiat mudah kepada pelaku UMKM untuk menjadi pengekspor. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai aktif memberikan asistensi pelaksanaan ekspor kepada UMKM di berbagai daerah. Kegiatan asistensi kali ini dilakukan Bea Cukai Bogor dan Pasuruan.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengungkapkan tujuan pelaksanaan kegiatan asistensi UMKM. 

“Tujuannya ialah menggali dan memprofil potensi ekspor pada pelaku UMKM serta penyampaian informasi terkait fasilitas kepabeanan yang dapat membantu usaha mereka,” ucapnya.

Bea Cukai Bogor memberikan asistensi ekspor kepada PT Indopet Sentra Intelektual. Perusahaan ini memproduksi suplemen makanan hewan peliharaan dengan merek dagang Immunobs. 

Perusahaan yang telah beroperasi sejak 2017 ini memperoleh seluruh bahan bakunya dari petani lokal. Pengolahan produk secara laboratoris menggunakan mesin laboratorium yang disewa pada Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pada asistensi kali ini, disampaikan fasilitas KITE IKM yang merupakan kebijakan insentif fiskal dan kemudahan prosedural impor tujuan ekspor yang diharapkan bermanfaat bagi PT Indopet Sentra Intelektual.

Di Pasuruan, Bea Cukai mengadakan diskusi dengan para pelaku usaha kopi berorientasi ekspor. Bea Cukai menyatakan beberapa tips atau kiat mudah kepada pelaku UMKM untuk menjadi pengekspor.

“Salah satunya ialah menjaga kontinuitas dan kualitas produk, memperoleh perizinan dan dukungan dalam pemasaran,” ujar Hatta.

Bea Cukai memberikan tips atau kiat mudah kepada pelaku UMKM untuk menjadi pengekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News