Bea Cukai Berikan Edukasi Kepabeanan dan Cukai Kepada Mahasiswa

Bea Cukai Berikan Edukasi Kepabeanan dan Cukai Kepada Mahasiswa
Bea Cukai terus berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali kalangan mahasiswa. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali kalangan mahasiswa.

Sepanjang Mei 2023 di tiga tempat, yaitu Pamekasan, Pekanbaru, dan Karawang, unit-unit vertikal Bea Cukai menyelenggarakan Customs Goes to Campus (CVC), yaitu acara sosialisasi aturan kepabeanan dan cukai yang menyasar para mahasiswa.

Di Pamekasan, Bea Cukai Madura mengunjungi Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura. Dalam kegiatan yang memanfaatkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT) di bidang Penegakan Hukum tersebut, Bea Cukai bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangkalan menumbuhkan kesadartahuan para mahasiswa agar mewaspadai peredaran rokok ilegal, khususnya di wilayah Bangkalan.

"Mahasiswa memiliki peran yang strategis dan perlu dilibatkan dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak memproduksi, menjual, dan mengonsumsi rokok ilegal," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, Rabu (7/6).

Dia menjelaskan pihaknya secara runut dasar hukum, karakteristik barang kena cukai, macam-macam barang kena cukai, ciri-ciri dari rokok ilegal, dan sanksi pidana yang ditimbulkan apabila melanggar ketentuan.

Pada kesempatan tersebut, petugas juga mengajak para peserta untuk mengenali dan mengidentifikasi pita cukai 2023.

Tak hanya mengangkat tema cukai dan rokok ilegal, sosialisasi yang digelar Bea Cukai kepada mahasiswa juga membahas APBN dan penerimaan negara, khususnya dari sektor kepabeanan dan cukai.

Pada sosialisasi yang digelar Bea Cukai Pekanbaru di Universitas Abdurrab, Pekanbaru, petugas Bea Cukai membahas pengertian APBN, peran APBN, dan penjabaran anggaran APBN.

Bea Cukai terus berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali kalangan mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News