Bea Cukai Buka Ruang Diskusi Kepabeanan dengan Mahasiswa Lewat Program CGTC

Bea Cukai Buka Ruang Diskusi Kepabeanan dengan Mahasiswa Lewat Program CGTC
Bea Cukai terus berupaya merangkul kalangan akademisi dalam hal ini mahasiswa untuk bersinergi dalam mendiseminasikan informasi kebijakan pemerintah dan meningkatkan pemahaman dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku. Foto: Ilustrasi/Dokumentasi Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyampaikan pelajar dan mahasiswa berperan penting dalam menyebarluaskan informasi aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku dan mendukung pelaksanaannya di tengah masyarakat.

"Sebagai instansi kepabeanan yang mengemban fungsi sebagai fasilitator industri dan pengumpul penerimaan negara, kami terus berupaya merangkul kalangan akademisi untuk bersinergi dalam mendiseminasikan informasi kebijakan pemerintah dan meningkatkan pemahaman dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku," kata Hatta Wardhana, Jumat (10/6).

Upaya tersebut diwujudkan Bea Cukai melalui program customs goes to campus (CGTC), yaitu ajang sosialisasi aturan kepabeanan dan cukai kepada mahasiswa yang digelar kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah

Contohnya kunjungan ke kampus yang dilaksanakan Kanwil Bea Cukai Aceh dan Bea Cukai Langsa yang membuka ruang diskusi kepabeanan dengan Universitas Samudera di Kota Langsa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh Safuadi menjadi pemateri dalam kuliah umum dan berkesempatan menggelar diskusi dengan para mahasiswa tentang perubahan dalam perekonomian dunia.

Tak hanya itu, Kanwil Bea Cukai Aceh juga terlibat dalam program Kampus Merdeka dengan menandatangani nota kesepahaman antara Kantor Wilayah DJBC Aceh sebagai perwakilan Kemenkeu Satu Aceh dengan Universitas Teuku Umar untuk mendorong tumbuhnya ekonomi produktif pada sentra-sentra ekonomi baru dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kunjungan ke kampus juga dilaksanakan Bea Cukai Purwakarta yang menyambangi STIE Wikara dengan tujuan agar generasi muda lebih mengenal, memahami, dan turut serta dalam menjaga impor dan ekspor pada industri kecil menengah.

Hatta mengatakan pada kunjungan tersebut Bea Cukai Purwakarta dan para mahasiswa berdiskusi tentang prosedur impor dan ekspor maupun fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (IKM) yang bermanfaat besar bagi para pelaku IKM.

Mahasiswa berperan penting dalam menyebarluaskan informasi aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku dan mendukung pelaksanaannya di tengah masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News