Bea Cukai Dorong Kegiatan Ekspor agar Ekonomi Nasional Terus Tumbuh

Bea Cukai Dorong Kegiatan Ekspor agar Ekonomi Nasional Terus Tumbuh
Bea Cukai terus mendukung dan mendorong kegiatan ekspor produk di beberapa daerah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melalui pelayanan kantor di daerah terus mendukung kegiatan ekspor. Hal ini dilakukan untuk pemulihan ekonomi nasional. Hasilnya, kinerja ekonomi Indonesia pada triwulan IV 2021 tumbuh 5,02 persen yoy (year-on-year).

Kinerja ekonomi yang positif ini salah satunya didorong oleh tingginya ekspor di berbagai daerah.

Aktivitas ekspor mampu melanjutkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi seiring permintaan dan harga komoditas global yang meningkat.

“Kegiatan ekspor tumbuh signifikan di tengah kasus harian Covid-19 yang mengalami tren kenaikan. Bea Cukai gelar ekspor perdana di wilayah Yogyakarta, Kendal, dan Palangka Raya,” ujar Hatta Wardhana, kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai.

Di Yogyakarta, Bea Cukai melayani dan mengawasi kegiatan ekspor PT Maesindo Indonesia, Sabtu (19/2) melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Ekspor kali ini pertama dikirim melalui Bandara YIA. Barang yang diekspor berupa 4 ribu isolation gown atau baju APD (alat pelindung diri) yang dikirim ke Singapura dengan menggunakan jasa kepabeanan FIN Logistics. 

Barang yang diekspor senilai USD 3.260 atau setara Rp 46 juta dengan berat bersih 294 kilogram.

Sebelumnya, Bea Cukai Yogyakarta melayani dan mengawasi kegiatan ekspor PT Komitrando Emporio pada Kamis (10/2) dan Jumat (11/2).

Bea Cukai melalui pelayanan kantor di daerah terus mendukung kegiatan ekspor untuk pemulihan ekonomi nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News