Bea Cukai Dukung Percepatan Implementasi NLE di Bandara Juanda

Bea Cukai Dukung Percepatan Implementasi NLE di Bandara Juanda
Bea Cukai Juanda hadir dalam pertemuan Kooridinasi Implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) Bandara Internasional Juanda. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, SIDOARJO - Bea Cukai Juanda hadir dalam pertemuan Kooridinasi Implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) Bandara Internasional Juanda.

Pertemuan ini ditujukan untuk meningkatkan percepatan implementasi NLE di lingkungan Bandara Juanda.

Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Himawan Indarjono mengatakan progres implementasi NLE yang dilakukan di Bandara Juanda.

Tim NLE terus mengembangkan program sejalan dengan empat pilar yang dimiliki.

Pada pilar pertama, NLE membuahkan simplifikasi proses bisnis pemerintah, yakni Single Submission (SSm) Perizinan yang telah mandatory berjalan secara nasional sejak 2020 dan SSm Pengangkutan Udara pada 17 Maret lalu.

Selain itu, telah dilakukan piloting SSm ekspor dan sedang dilakukan proses pemetaan SSm quarantine and customs rush handling.

Pada pilar kedua Himawan menyampaikan bahwa telah dilakukan beberapa kolaborasi platform logistik, di antaranya peluncuran dashboard plane, pemesanan gudang dan pembayaran digital, multimoda ekspor hingga integrasi api kepabeanan.

“Berdasarkan survei terhadap para responden, layanan ini telah berhasil menurukan biaya logistik sebesar 23,75%," ungkap Himawan.

Bea Cukai Juanda hadir dalam pertemuan Kooridinasi Implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) Bandara Internasional Juanda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News