Jaga Keberlangsungan UMKM Go Global, Ini yang Dilakukan Bea Cukai di Berbagai Daerah

Jaga Keberlangsungan UMKM Go Global, Ini yang Dilakukan Bea Cukai di Berbagai Daerah
Tim dari Bea Cukai saat melaksanakan asistensi dan pendampingan kepada pelaku usaha di daerah untuk menggali potensi ekspor. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANJUNGPANDAN - Bea Cukai Tanjungpandan kembali menggelar Klinik Ekspor Komoditas Pertambangan untuk membuka peluang pasar lokal menembus pasar global.

Melalui Klinik Ekspor Komoditas Pertambangan, Bea Cukai Tanjungpadan memberikan asistensi dan pendampingan kepada pelaku usaha untuk menggali potensi.

Selain itu, tim Klinik Ekspor Bea Cukai Tanjungpadan memberikan gambaran kepada pelaku usaha tentang tata cara ekspor dan berbagai fasilitas yang dapat dimaksimalkan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan kepada calon eksportir baru, yaitu CV Harapan Rejeki Bungsu pada Selasa (19/9) lalu.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Encep Dudi Ginanjar menyampaikan asistensi merupakan langkah untuk memberikan gambaran tentang tahapan ekspor dan menggali berbagai kendala yang dihadapi eksportir.

"Termasuk dukungan dan konsultasi mengenai masalah ekspor yang dapat membantu mereka melewati proses ekspor dengan lancar,” kata Encep Dudi Ginanjar dalam keterangannya, Jumat (29/9).

Asistensi juga dilaksanakan Bea Cukai Parepare dengan mengunjungi CV Aromata Anugrah Sultan, UD Bachiss, dan CV Forest Coffee.

Asistensi tersebut ditujukan agar UMKM dapat naik kelas dan menembus pasar global.

Bea Cukai terus menjaga keberlangsung UMKM go global melalui berbagai kegiatan di berbagai daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News