Bea Cukai Indonesia Lanjutkan Kerja Sama dengan Belgium Customs

Bea Cukai Indonesia Lanjutkan Kerja Sama dengan Belgium Customs
Bea Cukai Indonesia kembali melakukan kerja sama dengan Belgian Customs. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menunjukkan peran aktifnya di dunia internasional melalui penandatanganan Action Plan on Collaboration antara Bea Cukai Indonesia dengan Belgian Customs.

Penandatanganan action plan tersebut merupakan implementasi dari Letter of Intent (LoI) antara pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Bea Cukai dan Belgian Customs pada 2019 lalu.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto mengungkapkan relasi perdagangan yang positif antara Indonesia dan Belgia menjadi salah satu dasar dari penandatanganan action plan ini.

“Berdasarkan data nilai ekspor dan impor Indonesia dan Belgia pada kurun waktu 2018-2022, trennya meningkat sebesar 12,49 persen dengan Indonesia selalu mencatatkan nilai surplus,” ungkapnya.

Jalinan kerja sama ini juga merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk memperkuat kolaborasi antarinstitusi kepabeanan dalam memberantas pelanggaran di bidang kepabeanan.

hal itu untuk memastikan keamanan rantai suplai perdagangan internasional, serta kepentingan masing-masing negara.

Action plan tersebut berisi kegiatan strategis yang ditujukan untuk peningkatan keamanan serta pengembangan pegawai dan dilaksanakan sejak September 2022 hingga September 2025.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain pelatihan pegawai, pertukaran keahlian, dan best practice, serta pengawasan bersama.

“Action plan ini diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas kedua administrasi kepabeanan dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” tambah Nirwala.

Bea Cukai Indonesia kembali melakukan kerja sama dengan Belgian Customs. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News