Bea Cukai Jamin Kelancaran Pengiriman Bantuan Kemanusiaan ke Libya

Bea Cukai Jamin Kelancaran Pengiriman Bantuan Kemanusiaan ke Libya
Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Libya dalam bentuk logistik. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Libya dalam bentuk logistik di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Senin (2/9).

Atas pengiriman bantuan tersebut, Bea Cukai, sebagai instansi yang bertugas mengamankan kebijaksanaan pemerintah yang berkaitan dengan lalu lintas barang masuk atau keluar daerah pabean, berupaya menjamin kelancaran proses eksportasi.

"Bea Cukai melalui Bea Cukai Soekarno Hatta berupaya mengoptimalkan layanan dan pengawasan ekspor agar kelancaran pengiriman bantuan kemanusiaan ke Libya dapat terjamin," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Dia berharap bantuan ini dapat membantu Libya dan menjembatani hubungan harmonis antarnegara, guna mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan sebagaimana instruksi Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan pelepasan bantuan kemanusiaan ke Libya dihadiri Plt. Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sorni Paskah Daeli.

Sorni mengatakan pemerintah Indonesia sepakat untuk mengirimkan bantuan kepada Pemerintah Libya, sebagai bentuk kepeduliaan dan kemanusiaan antar-negara sahabat.

“Bantuan ini adalah salah satu komitmen dari pemerintah Indonesia melalui nilai kemanuasiaan dalam ketahanan bencana. Penanggulangan bencana adalah urusan bersama, perlu kolaborasi multipihak,” ucap Sorni. 

Adapun bantuan logistik yang dikirimkan berupa 5 unit tenda pengungsi, 100 unit tenda keluarga, 50 unit genset, 1.000 unit velbed, 500 lembar matras, 1.250 paket peralatan kebersihan, dan 5.000 set pakaian anak.

Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Libya dalam bentuk logistik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News