Bea Cukai Kediri Urun Rembuk di Gelaran UMKM Virtual Expo

Bea Cukai Kediri Urun Rembuk di Gelaran UMKM Virtual Expo
Webinar bertema 'Strategi UMKM Untuk Menembus Pasar Dunia' yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, KADIN, dan Pemerintah Kota Kediri. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, KEDIRI - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling dahulu terdampak pandemi global. Hal ini membuat pelaku usaha perlu untuk menyiasati keadaan agar mampu bertahan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Bea Cukai Kediri Suryana, saat menjadi narasumber dalam webinar dengan tema 'Strategi UMKM Untuk Menembus Pasar Dunia' yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, KADIN, dan Pemerintah Kota Kediri, pada Sabtu (1/8) lalu.

Dalam kesempatan tersebut juga Suryana menyampaikan strategi Bea Cukai Kediri dalam mendorong UMKM untuk ekspor, dengan membagi ke dalam tiga klaster.

Klaster pertama adalah industri yang sudah biasa ekspor tetapi belum memanfaatkan fasilitas kepabenanan, klaster kedua adalah industri yang punya potensi ekspor tetapi belum tahu prosedurnya.

Sedangkan klaster ketiga adalah kelompok yang jumlahnya paling banyak karena industrinya belum begitu besar dan belum bisa konsisten dalam hal produksi.

Pada klaster ketiga ini bila dilakukan konsolidasi, maka akan menjadi pondasi yang kuat untuk gerak bersama.

“Penting untuk menanamkan pemikiran bahwa sesama pelaku usaha UMKM jangan menjadi saingan, tetapi menjadi suatu kelompok yang kuat untuk menembus pasar global,” ujarnya.

Suryana melanjutkan bahwa asistensi kepada UMKM untuk mengerti ekspor dan memanfaatkan fasilitas kepabeanan merupakan program utama Bea Cukai Kediri yang selama ini sudah berjalan.

Bea Cukai Kediri mendorong UMKM untuk menyiasati keadaan agar mampu bertahan di masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News