Bea Cukai Konsisten Jaga Rapor Baik APBN 2022 lewat Cara Ini

Bea Cukai Konsisten Jaga Rapor Baik APBN 2022 lewat Cara Ini
Bea Cukai terus berupaya agar indikasi pemulihan ekonomi nasional terus menguat secara signifikan. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai konsisten menjaga rapor baik kinerja APBN 2022 lewat optimalisasi penerimaan negara dengan tetap menjaga iklim investasi dan daya saing usaha. 

Laporan realisasi APBN Kita Oktober 2022 mencatat adanya surplus hingga USD 4,99 miliar pada neraca perdagangan. 

Hal ini salah satunya dipengaruhi ekspor dan impor September 2022 yang tumbuh positif karena menguatnya harga komoditas global dibandingkan tahun sebelumnya (yoy). 

Realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai bulan September 2022 menunjukkan adanya pertumbuhan 26,91 persen (yoy) atau mencapai 77,63 persen dari target APBN berkat tren positif semua komponen penerimaan kepabeanan dan cukai.

Bea masuk tercatat tumbuh 31,56 persen (yoy), cukai tumbuh 19,61 persen, serta bea keluar 64,17 persen.

Tren peningkatan realisasi penerimaan disebabkan adanya pertumbuhan pada komponen-komponen penerimaan Bea Cukai yang signifikan.

Bea masuk mengalami pertumbuhan karena tren perbaikan impor nasional terutama sektor perdagangan dan industri, cukai menunjukkan adanya pertumbuhan akibat dari kebijakan tarif efektivitas pengawasan yang tepat sasaran di antaranya Gempur Rokok Ilegal 2022.

‘’Bea keluar mengalami pertumbuhan didorong tingginya harga komoditas serta kenaikan tarif bea keluar produk kelapa sawit dan volume ekspornya," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, Jumat (28/10).

Bea Cukai konsisten menjaga rapor baik APBN 2022 lewat optimalisasi penerimaan negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News