Bea Cukai Lakukan Upaya Ini agar UMKM Bisa Naik Kelas, Mantap!

Bea Cukai Lakukan Upaya Ini agar UMKM Bisa Naik Kelas, Mantap!
Bea Cukai menjelaskan dasar-dasar hukum kepabeanan di bidang ekspor kepada pelaku UMKM di berbagai daerah. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus mempererat sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mendukung UMKM yang berorientasi ekspor.

Dukungan itu diwujudkan Bea Cukai melalui berbagai langkah strategis, seperti pelaksanaan asistensi, diskusi, hingga dukungan business matching dengan calon mitra distribusi produk ekspor ke luar negeri.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan pihaknya melihat dampak pandemi Covid-19 sangat besar terhadap perekonomian. Namun, UMKM menjadi salah satu sektor penopang jika terus dipacu dan didampingi.

Bea Cukai Ambon hadir sebagai narasumber dalam Export Coaching Class bertajuk UMKM Bisa Ekspor bersama lebih dari 100 pelaku usaha di Maluku dan Maluku Utara (28/9). 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini turut dihadiri founder Ekspor.id Choirul Amin dan perwakilan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Sunu Widi Purwoko. 

Bea Cukai Ambon sangat menekankan kepada para pelaku UMKM  terkait tata laksana ekspor. 

“Jadi, harus paham dasar-dasar hukum kepabeanan di bidang ekspor, proses pelayanan kepabeanan ekspor, penyampaian pemberitahuan ekspor barang (PEB), bentuk PEB, pihak-pihak dalam PEB, data pengangkutan, serta hal lain yang dibutuhkan dalam ekspor,” kata Hatta.

Sebelumnya, upaya serupa dilakukan Kanwil Bea Cukai bersama satuan kerja Kemenkeu One di Maluku. Berkolaborasi dalam event Maluku Manggurebe, Kemenkeu One turut serta dalam kegiatan Ekspor dan Pameran UMKM (9/9). 

Bea Cukai melakukan upaya Ini agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa naik kelas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News