Bea Cukai Layani Ekspor Cangkang Sawit Indonesia ke Jepang

Bea Cukai Layani Ekspor Cangkang Sawit Indonesia ke Jepang
Bea Cukai Parepare baru saja melakukan pengawan ekspor cangkang sawit yang dilakukan oleh PT Jambi Semesta Biomassa pada Minggu (3/9). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, PAREPARE - Bea Cukai Parepare baru saja melakukan pengawan ekspor cangkang sawit yang dilakukan oleh PT Jambi Semesta Biomassa pada Minggu (3/9).

Perusahaan tersebut mengekspor komoditas palm kernell shell (cangkang sawit) ke Jepang.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Parepare, Muh. Daud M mengatakan sebanyak 10.906,66 MT cangkang sawit telah dimuat di atas kapal MV. Green Future dengan tujuan bongkar Pelabuhan Maizuru Jepang, melalui pelabuhan Belang-Belang Sulawesi Barat.

Melalui eksportasi ini, negara meraih devisa ekspor sebanyak USD 1.254.266,59.

Selain penerimaan dari sisi devisa, eksportasi ini turut membantu penerimaan negara dari sisi bea keluar serta pungutan sawit sebesar Rp 834.633.000 dan Rp 500.780.000.

"Hal ini tentu menjadi kabar baik akan meningkatnya volume ekspor indonesia," ujar Muh. Daud M.

Produk turunan cangkang sawit asal Indonesia ini memang diminati oleh pasar Jepang sebagai sumber energi primer yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Cangkang sawit sendiri merupakan biomassa potensial yang bisa diolah menjadi produk hilir.

Bea Cukai Parepare baru saja melakukan pengawan ekspor cangkang sawit yang dilakukan oleh PT Jambi Semesta Biomassa pada Minggu (3/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News