Bea Cukai Mendorong Potensi Industri UMKM Melalui Jurus Ini

Bea Cukai Mendorong Potensi Industri UMKM Melalui Jurus Ini
Bea Cukai terus mendorong potensi pelaku UMKM agar produknya berkembang hingga ke kancah internasional. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus memberikan pelayanan maksimal berupa fasilitas kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal itu dilakukan untuk mengembangkan potensi industri yang dimiliki hingga ke kancah internasional.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan, kantor Bea Cukai di beberapa daerah melaksanakan asistensi ekspor kepada para pelaku UMKM.

"Misalnya, yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) dan Bea Cukai Gresik,'' ujarnya.

Dua kantor Bea Cukai ini mendukung penuh para pelaku industri untuk dapat memasarkan produk mereka di pasar global melalui instrumen pemanfaatan sumber daya keuangan APBN.

''Hal ini diharapkan meningkatkan daya saing perusahaan, ekspor nasional, dan investasi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Hatta.

Kanwil Bea Cukai Sumbagtim melalui program klinik ekspor mengasistensi pelaku UMKM di Kota Pagaralam untuk menampung kendala dan hambatan ekspor.

"Pagaralam dikenal dengan keindahan panaroma dan komoditas unggulan kopi Sumsel,'' ucap Hatta.

Bea Cukai terus mendorong potensi industri UMKM dengan mengasistensi ekspor produk hingga ke pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News