Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Pemerintah untuk Dorong Pertumbuhan UMKM

Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Pemerintah untuk Dorong Pertumbuhan UMKM
Bea Cukai melakukan berbagai program untuk bisa memendukung UMKM agar mampu bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi Covid-19. dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus melakukan berbagai program untuk bisa memendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar mampu bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya ialah melakukan sinergi dengan berbagai pihak pemerintah.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan UMKM merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia.

Menurut dia, kemajuan teknologi di era digital turut mewarnai dengan ciri khas ketidakhadiran toko secara fisik, sehingga penjual tanpa batasan waktu bisa memasarkan produknya secara online.

“Kemajuan zaman menyediakan berbagai kemudahan, tetapi pemerintah harus campur tangan, membantu, dan membuat regulasi sehingga bisa lebih mendorong kemajuannya,” imbuhnya.

Dia menambahkan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Utara turut hadir dalam kegiatan sharing session bersama seluruh Perwakilan Kementerian Keuangan se-Pulau Sumatra pada Rabu (9/3).

Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk bukti nyata mendukung pemberdayaan UMKM.

“Salah satunya terkait program Kemenkeu Sumut, yaitu peningkatan kapasitas produksi sektor UMKM melalui optimalisasi jejaring komunikasi dan informasi dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal Kemenkeu di Sumut,” ungkap Hatta.

Bea Cukai melakukan berbagai program untuk bisa memendukung UMKM agar mampu bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News