Bea Cukai Mengasistensi Produk Ekspor UMKM ke Pasar Mancanegara

Bea Cukai Mengasistensi Produk Ekspor UMKM ke Pasar Mancanegara
Bea Cukai terus memberikan asistensi terhadap produk ekspor UMKM, salah satunya rempah, untuk dipasarkan ke mancanegara. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai aktif melakukan berbagai asistensi di berbagai daerah setelah melihat potensi produk UMKM untuk menuju pasar mancanegara.

Selain menjalankan perannya sebagai industrial assistance, Bea Cukai berupaya mendorong program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Di awal 2022, banyak minat pelaku usaha untuk mengembangkan usaha. Salah satunya, memasarkan produk ke pasar mancanegara. Selain itu, ada beberapa pelaku usaha yang memutuskan untuk ekspor langsung dari wilayahnya,'' ujar Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Hal ini dapat memangkas biaya operasional perusahaan. Jadi, Bea Cukai siap mendukung dengan berbagai asistensi.

Dari wilayah Bangka Belitung, Bea Cukai Tanjungpandan bersama Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC) Medan melakukan pendampingan kepada PT Usaha Mandiri Persada di Membalong pada Kamis (13/1).

Bea Cukai memberikan pemahaman terkait regulasi ekspor oleh calon eksportir baru.

Pendampingan ini merupakan realisasi program Datang Untuk Asistensi Impor Ekspor (Daun Simpor) oleh Bea Cukai Tanjungpandang.

Sebab, potensi ekspor yang dimiliki Pulau Belitung besar.

Bea Cukai memberikan asistensi terhadap produk ekspor UMKM yang menuju pasar mancanegara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News