Bea Cukai Optimalkan Dukungan kepada Pelaku UMKM dengan Cara Ini

Bea Cukai Optimalkan Dukungan kepada Pelaku UMKM dengan Cara Ini
Bea Cukai mendorong potensi pelaku UMKM di berbagai daerah agar dapat berkembang. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Pada masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diyakini memiliki kesempatan yang besar untuk menggarap pasar yang lebih luas hingga mancanegara.

Bea Cukai terus berupaya menggali potensi UMKM di berbagai daerah agar dapat berkembang dan memenuhi pasar dalam negeri dan ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Kamis (3/11) mengatakan para pelaku UMKM dapat menembus pasar ekspor dengan memanfaatkan dukungan dari pemerintah, asosiasi, BUMN, serta perwakilan dagang Indonesia di luar negeri. 

Bea Cukai berkomitmen mendukung UMKM agar dapat mengisi ceruk pasar ekspor dengan produk-produk andalannya dan meningkatkan kontribusi UMKM pada ekspor nasional yang saat ini mencapai 14 persen.

‘’Beberapa fasilitas dan inovasi pelayanan telah diluncurkan Bea Cukai, seperti Klinik Ekspor dan fasilitas KITE IKM. Kami terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan Kadin untuk mengasistensi para pelaku UMKM hingga dapat melaksanakan ekspor mandiri," ujarnya.

Sinergi Bea Cukai dengan pemerintah daerah untuk mendukung ekspor UMKM tecermin dari koordinasi yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Langsa dan Bea Cukai Makassar dengan pemerintah daerah di wilayah pelayanannya masing-masing. 

Dalam rangka mewujudkan cita-cita mengaktifkan kembali kegiatan ekspor di Pelabuhan Kuala Langsa, Bea Cukai Langsa telah menggelar diskusi dengan pejabat daerah Langsa dan calon pengekspor di Kantor Wali Kota Langsa pada 27 Oktober 2022.

‘’Pj Wali Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid menyatakan dukungannya terhadap rencana kegiatan ekspor dan asistensi ekspor yang akan dilaksanakan Bea Cukai, Pemerintahan Kota Langsa, dan Pemerintahan Provinsi Aceh kepada para pelaku UMKM," katanya.

Bea Cukai mengoptimalkan dukungan kepada pelaku UMKM lewat sinergi dengan pemda dan Kadin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News