Bea Cukai Pacu Kelahiran Eksportir dari Wilayah Timur

Bea Cukai Pacu Kelahiran Eksportir dari Wilayah Timur
Bea Cukai menggandeng berbagai instansi terkait lainnya untuk melahirkan eksportir baru. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggandeng berbagai instansi terkait lainnya untuk melahirkan eksportir baru.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Tubagus Firman Hermansjah mengungkapkan Bea Cukai Bitung bersinergi dengan Disperindag Provinsi Sulawesi Utara, serta instansi terkait lainnya, membahas terkait kerja sama ASEAN.

Adapun mitra strategisnya adalah seperti European Union, Canada, United States, dan Russia.

“Sulawesi Utara sebagai penghasil beberapa komoditi pertanian maupun non pertanian, masih dapat digali potensi ekspor dalam business matching dengan memanfaatkan fasilitas kerjasama regional yang ada," ujar Firman.

Firman membeberkan Bea Cukai Bitung mengadakan audiensi dengan PT Container Maritime Acitivities (CMA-CGM). Hal itu untuk mengoptimalkan ekspor langsung dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan stakeholder dan mendorong perekonomian Indonesia Timur," katanya.

Selain itu, Firman menjelaskan Bea Cukai Makassar bersinergi dengan Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Balai Besar Karantina Pertanian, dan PT Angkasa Pura Logistik.

Berbagai instansi tersebut mengadakan focus group discussion membahas kesiapan eksportir dan instansi terkait untuk melakukan ekspor langsung dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju bandara Changi Singapura.

Bea Cukai menggandeng berbagai instansi terkait lainnya untuk melahirkan eksportir baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News