Bea Cukai Perkuat Koordinasi untuk Tingkatkan Pengawasan

Bea Cukai Perkuat Koordinasi untuk Tingkatkan Pengawasan
Bea Cukai perkuat koordinasi untuk tingkatkan pengawasan laut Indonesia. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di berbagai daerah mulai gencar melakukan berbagai koordinasi. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan tingkat keamanan internasional.

Kali ini, koordinasi tersebut dilakukan oleh Bea Cukai di Batam dan Pontianak.

Bea Cukai Batam, Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, PSO Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, dan PSO Bea Cukai Batam mengadakan pertemuan di laut (Rendezvous at Sea) dengan Singapore Police Coast Guard (SPCG) di Selat Singapura, Selasa, (30/11).

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan pertemuan kedua sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak pada Februari 2020 lalu di Jakarta.

“Kerja sama ini tujuannya untuk meningkatkan pengawasan dalam mencegah terjadinya segala bentuk kejahatan kemaritiman di wilayah perbatasan Indonesia dan Singapura," kata dia dalam siaran persnya, Rabu (1/12).

Dia menambahkan, kerja sama ini untuk mencegah praktik perdagangan ilegal yang dikhawatirkan akan digunakan untuk mendanai kejahatan yang lebih besar, seperti transnational organize crime atau terorisme.

Firman menambahkan bahwa terdapat dua topik pembahasan utama yang dibahas pada kesempatan ini, yaitu cara mengoptimalisasikan strategi komunikasi khususnya di bidang patroli laut di wilayah Selat Singapura.

“Saya harap kita bisa terus menjalin kerja sama dengan baik, saling up date, dan mampu mencapai tujuan untuk menjadikan wilayah lebih aman dan lebih baik lagi,” ucap Deputy Superintendent of Police SPCG Billy Tan.

Bea Cukai di berbagai daerah terus mulai gencar melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna menigkatkan keamanan.