Bea Cukai Punya Terobosan Baru untuk Gempur Rokok Ilegal, Silakan Disimak

Bea Cukai Punya Terobosan Baru untuk Gempur Rokok Ilegal, Silakan Disimak
Bea Cukai memiliki terobosan untuk memerangi peredaran rokok ilegal. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, SEMARANG - Bea Cukai memiliki terobosan untuk memerangi peredaran rokok ilegal. Salah satunya dengan menggadeng ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Setidaknya 1.315 mahasiswa ikut mengampanyekan Gempur Rokok Ilegal. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Gempur Rokok Ilegal yang diselenggarakan dari Juni hingga Agustus 2023.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Akhmad Rofiq mengatakan sebagai kaum intelektual, mahasiswa kerap dipandang sebagai agent of change yang mempunyai andil besar di masyarakat.

"Hal ini menjadi alasan kenapa pemerintah menilai pentingnya keterlibatan mahasiswa untuk ikut menjaga penerimaan negara demi keberlangsungan pembangunan. Keterlibatan mahasiswa dalam program KKN Tematik diharapkan tidak hanya memperluas jangkauan edukasi terkait rokok ilegal kepada masyarakat, tetapi juga menguatkan pemahaman mahasiswa terhadap APBN," ujarnya.

Hal itu juga merupakan wujud implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat melalui pemahaman tentang pelaksanaan pembangunan di segala aspek.

Dia menjelaskan inisiasi program KKN Tematik Gempur Rokok Ilegal ini merupakan yang pertama di Indonesia. Dia berharap menjadi benchmark terselenggaranya kegiatan serupa di berbagai daerah.

Kegiatan ini juga bentuk kolaborasi antara Kanwil Bea Cukai Jateng DIY bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan civitas akademika di Provinsi Jawa Tengah.

“Dari program KKN ini sudah banyak pihak yang terlibat. Kami menggandeng Universitas Negeri Semarang, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Universitas Panca Sakti Tegal, Universitas Muria Kudus, dan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Program pemberantasan rokok ilegal melalui gaya pendekatan baru ini dinilai lebih efektif dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya rokok ilegal,” tutur Rofiq.

Bea Cukai memiliki terobosan untuk memerangi peredaran rokok ilegal. Silakan disimak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News