Bea Cukai Siapkan Berbagai Terobosan Demi Mempercepat Arus Logistik

Bea Cukai Siapkan Berbagai Terobosan Demi Mempercepat Arus Logistik
Acara launching Joint Inspection Ekspor Karantina-Bea Cukai di Pelabuhan Tanjung Emas, belum lama ini. Foto: Dokumentasi Bea Cukai

jpnn.com, SEMARANG - Bea Cukai melakukan berbagai terobosan, inovasi dan kerja sama dengan berbagai pihak demi mempercepat arus logistik nasional.

Hal tersebut sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Di Semarang, Bea Cukai Tanjung Emas bersama Organisasi Angkutan Darat (Organda) Tanjung Emas dan Click Cargo sukses me-launching program trucking online sebagai langkah awal digitalisasi layanan trucking.

Terobosan ini merupakan wujud implementasi program National Logistics Ecosystem (NLE) di Pelabuhan Tanjung Emas guna meningkatkan kinerja logistik, memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian khususnya di Jawa Tengah.

“Layanan kolaborasi ini menghubungkan platform-platform trucking, sehingga request dan tracking dapat dilakukan melalui NLE," kata Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana.

Hatta menyampaikan melalui trucking online diharapkan membantu pengguna jasa untuk mendapatkan jasa trucking yang sesuai kebutuhan dengan harga yang kompetitif.

Selain itu digitalisasi layanan ini diharapkan mampu memberikan transparansi, symmetric information, serta berfungsi sebagai track and trace pada layanan pengangkutan truk guna efisiensi pergerakan dan utilisasi idle capacity.

Ketua DPC Organda Tanjung Emas Purwo Widodo menyampaikan pihaknya siap menyukseskan NLE bidang trucking khususnya di Jawa tengah.

"Kami mohon bimbingan dan arahan dari Bea Cukai selaku koordinator NLE agar kami dapat secara maksimal berkontribusi membangun iklim logistik yang baik,” ujar Purwo Widodo.

Demi mendukung NLE, Bea Cukai menyiapkan berbagai terobosan demi mempercepat arus logistik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News