Bea Cukai Surakarta Fasilitasi UMKM Ekspor Kerajinan Pelepah Pisang ke Amerika Serikat

Bea Cukai Surakarta Fasilitasi UMKM Ekspor Kerajinan Pelepah Pisang ke Amerika Serikat
Pelepasan ekspor perdana kerajinan dari pelepah pisang dan furnitur dari kayu yang dilakukan UMKM asal Klaten, CV Indoplanet Furniture dengan negara tujuan Amerika Serikat pada Kamis (23/3). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, KLATEN - CV Indoplanet Furniture berhasil melakukan ekspor perdana produk kerajinan dari pelepah pisang dan furnitur dari kayu sebanyak lima kontainer dengan tujuan Amerika Serikat.

CV Indoplanet Furniture merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berlokasi di Serenan, Juwiring, Klaten.

Hal yang unik pada ekspor yang terlaksana pada Kamis (23/3) lalu itu, berupa proses pemuatan barang ekspor dilakukan di jalan yang berada di tengah-tengah area persawahan.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta Yetty Yulianty mengungkapkan lokasi produksi dan gudang penyimpanan hasil produksi tidak dapat dijangkau oleh kontainer sehingga barang dimuat di jalan di tengah area persawahan.

"Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat CV Indoplanet Furniture dan pemiliknya, Pak Suparno untuk dapat melaksanakan ekspor sendiri," ungkap Yetty Yulianty melalui keterangan yang diterima, Rabu (29/3).

Menurut Yetty, perusahaan ini sejak 2022 secara kontinu mendapatkan asistensi ekspor dari Bea Cukai Surakarta.

Sebelumnya, CV Indoplanet Furniture selalu menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengekspor produknya.

Kolaborasi nyata antara pelaku UMKM dan Bea Cukai melalui program asistensi ekspor pun berbuah manis dengan keberhasilan CV Indoplanet Furniture melaksanakan ekspor dengan nama sendiri di tahun ini.

UMKM asal Klaten, yakni CV Indoplanet Furniture berhasil melakukan ekspor perdana kerajinan dari pelepah pisang dan furnitur dari kayu ke Amerika Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News