Bea Cukai Terapkan Program NLE di Tiga Daerah Ini

Bea Cukai Terapkan Program NLE di Tiga Daerah Ini
Bea Cukai Tanjung Emas menandatangani nota kesepahaman dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, serta Kantor Imigrasi Kelas I TPI. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - National logistic ecosystem (NLE) adalah suatu hubungan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional, sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang. 

Bea Cukai memegang peranan penting dalam menyukseskan penerapan NLE demi terciptanya penurunan biaya logistik dan pertumbuhan sektor industri. 

Karena itu, unit vertikal Bea Cukai, seperti Tanjung Emas, Pontianak, dan Juanda menjalin sinergi dengan pihak-pihak terkait lain dalam implementasi NLE di berbagai daerah. 

Di Surabaya, Bea Cukai Juanda menunjukkan dukungannya terhadap implementasi pengangkutan multimoda lewat jalinan kerja sama dengan Sky Cargo Emirates Indonesia. 

"Bea Cukai Juanda berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan menggandeng para stakeholders agar membuahkan inovasi yang tepat sasaran, termasuk dengan Sky Cargo Emirates Indonesia," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana.

Menurut dia, optimalisasi supply chain melalui penerapan angkutan multimoda diyakini mampu mengatasi permasalahan transportasi logistik nasional karena menggunakan skema pengangkutan yang efisien, lebih murah, dan praktis.

Bea Cukai Juanda juga berperan mengawasi pemuatan barang ke dalam sarana pengangkut, pelekatan segel pengamanan, serta penerbitan berita acara pemuatan. 

"Semoga kehadiran Bea Cukai Juanda dengan layanan angkut lanjut multimoda dalam pelayanan di lingkungan Bandara Internasional Juanda mampu memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha dalam peningkatan perekonomian negara," katanya.

Bea Cukai menerapkan national logistic ecosystem (NLE) di tiga daerah, yaitu Semarang, Surabaya, dan Pontianak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News