Bea Cukai Tingkatkan Asistensi untuk Mendorong Ekspor Produk Unggulan Daerah

Bea Cukai Tingkatkan Asistensi untuk Mendorong Ekspor Produk Unggulan Daerah
Petugas Bea Cukai berikan aistensi terhadap pelaku usaha penghasil produk yang berpotensi ekspor. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus mendorong ekspor produk unggulan di berbagai daerah guna menggerakkan perekonomian yang belum sepenuhnya pulih di masa pandemi Covid-19.

Melalui perannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai berperan besar dalam memberikan pemahaman terkait regulasi ekspor, khususnya kepada para pelaku usaha.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro mengatakan melalui asistensi, institusinya terus meningkatkan pemahaman pelaku usaha tentang ekspor. Baik sisi regulasi, fasilitas dan pihak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan ekspor.

Kali ini, asistensi dilakukan oleh Bea Cukai Ambon, Bojonegoro dan Bea Cukai Teluk Bayur.

Sudiro menyatakan Bea Cukai selalu siap mendukung dan membantu kegiatan ekspor dengan memberikan pelayanan maksimal dalam hal pengurusan dokumen ekspor maupun perizinan dengan dinas lainnya.

"Bea Cukai juga tak henti-hentinya memberikan edukasi dan menyuguhkan fasilitas sehingga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspor," ujar Sudiro.

Dalam praktiknya, Bea Cukai Ambon dan Tim Dukung Percepatan Ekspor melakukan kunjungan sekaligus asistensi ekspor kepada PT Spice Island Maluku yang bergerak di bidang perkebunan pisang.

Perusahaan tersebut saat ini memiliki peralatan yang digunakan bisa menghasilkan serat dengan perbandingan 8 kg batang pisang sama dengan 210 cm. Di mana ukuran tersebut menghasilkan 200 gram serat yang bernilai ekspor tinggi.

Bea Cukai di berbagai daerah terus mengasistensi pelaku usaha yang menghasilkan produk berkualitas ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News