Bea Masuk Impor Gula Segera Dipangkas

Bea Masuk Impor Gula Segera Dipangkas
Bea Masuk Impor Gula Segera Dipangkas
JAKARTA - Harga gula di dalam negeri nampaknya belum ada tanda-tanda penurunan. Pemerintah, rencananya akan segera memangkas bea masuk impor gula. Kebijakan itu merupakan hasil rapat interdept khusus untuk membahas gula yang digelar dua pekan lalu.

Saat ini, bea masuk impor gula sebesar Rp 550 per kilogram untuk gula mentah (raw sugar), Rp 790 per kg untuk gula rafinasi. Dari hasil rapat interdept, bea masuk impor gula mentah akan dipangkas menjadi Rp 150 per kg, dan gula rafinasi Rp 400 per kg. “Pemerintah akan melakukan sedikit pemangkasan bea masuk impor gula, tetapi tidak akan memangkas bea masuk gula hingga ke posisi nol,” tegas Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Kamis (17/9).

Mendag mengatakan, penurunan BM  tersebut tentunya juga sudah mempertimbangkan petani di dalam negeri. Karenanya bea masuk gula tidak dibebaskan sama sekali. “Sebab bea masuk itu merupakan instrumen perdagangan untuk menjaga keseimbangan harga di dalam dan di luar negeri,” jelas Mendag.

Namun, lanjut Mendag, pemberlakukan keputusan tersebut belum dapat dipastikan karena hingga saat ini belum ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang penurunan bea masuk impor gula.

JAKARTA - Harga gula di dalam negeri nampaknya belum ada tanda-tanda penurunan. Pemerintah, rencananya akan segera memangkas bea masuk impor gula.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News