Beasiswa Cair Sebelum BBM Naik

Beasiswa Cair Sebelum BBM Naik
Beasiswa Cair Sebelum BBM Naik
DEPOK--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji bahwa beasiswa bagi siswa miskin (BSM) yang disebutkan sebesar Rp 5,9 triliun diupayakan akan cair secepatnya. Hal ini seiring dengan adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan April 2012 mendatang.

Karena beasiswa miskin tersebut gabungan antara APBN dan APBNP 2012, maka yang dipastikan cair lebih dulu adalah beasiswa sebesar Rp3,9 triliun yang berasal dari APBN. Sedangkan sisanya akan dicairkan setelah pengesahan APBNP.

"Kami upayakan beasiswa tersebut bisa cair sebelum adanya kenaikan BBM. Walaupun ternyata meleset, kami tetap menjamin bahwa pada saat tingginya kebutuhan siswa di bulan Juni-Juli (tahun ajaran baru), dana itu sudah cair," ungkap Nuh ketika ditemui usai membuka acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusbangtendik Kemdikbud, Sawangan, Depok, Senin (27/2).

Nuh menyampaikan, kenaikan unit cost beasiswa miskin yang saat ini telah ditetapkan pemerintah, sebagai bentuk antisipasi adanya kenaikan harga BBM. Mantan Rektor ITS ini mengatakan, dengan naiknya harga BBM akan mengakibatkan inflasi dan turunnya daya beli. Untuk itu, Kementerian berencana akan menaikkan unit cost BSM.

DEPOK--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji bahwa beasiswa bagi siswa miskin (BSM) yang disebutkan sebesar Rp 5,9

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News