Beasiswa untuk Siswa Miskin Rp5,9 Triliun

Beasiswa untuk Siswa Miskin Rp5,9 Triliun
Beasiswa untuk Siswa Miskin Rp5,9 Triliun
DEPOK - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran untuk beasiswa siswa miskin (BSM) sebesar Rp 5,9 triliun. Anggaran tersebut berasal dari APBN 2012 sebesar Rp 3,9 triliun, dan juga APBN-P 2012 sebesar lebih kurang Rp 2 triliun.

Dari anggaran tersebut, lanjut dia, akan diperuntukan bagi anak-anak atau peserta didik yang tidak mampu di seluruh Indonesia baik di jenjang pendidikan dasar maupun menengah. "Jumlah sasaran beasiswa siswa miskin tahun 2012 tersebut  sebanyak 3.502.945 siswa SD, 1,7 siswa SMP dan 1,1 siswa SMA/SMK," sebut Nuh di dalam pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusbangtendik Kemdikbud, Sawangan, Depok, Senin (27/2).

Untuk diketahui, masing-masing peserta didik SD mendapatkan Rp 450 ribu per anak per tahun, siswa SMP sebesar Rp 700 ribu per anak per tahun, dan siswa SMA sebesar Rp 1 juta per anak per tahun.

Dengan adanya bantuan beasiswa miskin ini, lanjut Nuh, dapat digunakan untuk memberikan akses yang seluas-luasnya bagi peserta didik yang kurang dalam hal finansial. Sehingga, mereka tetap bisa mengenyam dan melanjutkan pendidikan di sekolah hingga selesai.

DEPOK - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran untuk beasiswa siswa miskin (BSM) sebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News