Beban di Tas Sekolah Akibatkan Anak Nyeri Punggung

Beban di Tas Sekolah Akibatkan Anak Nyeri Punggung
Beban di Tas Sekolah Akibatkan Anak Nyeri Punggung
MADRID - Hati-hatilah jika mempersiapkan buku dan perlengkapan sekolah dalam tas punggung anak. Pemuatan buku berlebih ke dalam tas yang dibawa anak ke sekolah, dapat menimbulkan nyeri punggung serius yang mengancam perkembangan anak-anak.

Seperti dilansir BBC dari hasil sebuah penelitian di Spanyol, terungkap bahwa keluhan nyeri punggung pada sejumlah murid sekolah ternyata diakibatkan beratnya beban buku yang mereka bawa. Lebih parahnya, nyeri tersebut dapat menjadi ancaman serius jika tidak ditanggulangi dengan benar.

Penelitian ini sendiri melibatkan sekitar  1.403  pelajar di Rumah Sakit  Hospital da Costa di Burela dan Rumah Sakit Universitas Son Dureta di  Palma, Spanyol. Penelitian itu juga melibatkan siswa usia  12-17 tahun dari 11 sekolah di Spanyol.

Hasilnya, siswa disarankan untuk tidak membawa beban lebih dari 10 persen berat tubuh mereka. Misalnya siswa yang berat tubuhnya 20 kilogram, maksimal hanya boleh membawa buku dan perlengkapan sekolah lainnya tidak lebih dari dua kilogram saja.

MADRID - Hati-hatilah jika mempersiapkan buku dan perlengkapan sekolah dalam tas punggung anak. Pemuatan buku berlebih ke dalam tas yang dibawa anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News