Beberapa Wilayah di Jatim Bakal Diguyur Hujan, Masyarakat Diminta Ekstra Hati-Hati

Beberapa Wilayah di Jatim Bakal Diguyur Hujan, Masyarakat Diminta Ekstra Hati-Hati
Peringatan dini tiga harian cuaca di Jawa Timur. Foto: Dok. BMKG Juanda

jpnn.com, SURABAYA - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca di Jatim dalam sepekan.

Beberapa wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi. 

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menyebut daerah yang mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir di antaranya Situbondo, Pasuruan, Mojokerto, Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, hingga Bondowoso.

"Hujan di hari Rabu sore Mojokerto, Malang, Batu, dan Pasuruan. Kamis siang sore Malang, Probolinggo, dan Lumajang. Jumat pagi hingga dini hari Jember, Probolinggo, Lumajang, dan Banyuwangi," kata Teguh, Rabu (8/9).

Dia mengimbau masyarakat agar ekstra hati-hati apabila hendak keluar rumah dalam kondisi hujan, karena kondisinya disertai angin kencang dan petir.

Angin yang kencang itu, sambung dia, diakibatkan dampak dari siklon tropis. Terutama di Indonesia sisi utara yang berimbas ke sejumlah kawasan di Jatim. 

"Tarikan massa udaranya juga cukup kuat. Hal tersebut memengaruhi kecepatan angin di wilayah Jatim," jelas dia.

Dalam kajian metereologi, siklon tropis merupakan sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum pada kawasan tropis.

Namun, angin sejenisnya memiliki sifat merusak atau destruktif tinggi. 

Oleh karena itu, siklon tropis menjadi bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer yang memindahkan panas dari daerah khatulistiwa ke garis lintang yang cenderung tinggi. 

"Masyarakat tetap waspada dan tak termakan berita hoaks terkait kondisi cuaca dan fenomena selain dari BMKG," tutur Teguh. 

Masyarakat juga bisa mengakses website atau aplikasi resmi dari BMKG untuk kroscek kondisi cuaca yang terjadi di Jatim. (mcr12/jpnn)


Peringatan cuaca dalam beberapa hari ke depan di Jatim akan diguyur hujan disertai angin dan petir, masyarakat diminta waspada


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News