Bedak Talk Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Ovarium

Bedak Talk Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Ovarium
Bedak Talk Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Ovarium

jpnn.com - BAGI sebagian orang, menggunakan talcum powder atau bedak talk memang menyegarkan. Namun, waspadalah karena terlalu sering menggunakan bedak talk apalagi untuk menjaga kebersihan sekitar daerah intim bisa menyebabkan kanker ovarium.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research, rutin menggunakan bedak setelah mandi -khususnya di sekitar bagian intim- bisa meningkatkan risiko kanker ovarium hingga 24 persen. Para peneliti dari Brigham dan Women's Hospital di Boston, menganalisis data dari 8.525 wanita yang didiagnosis terkena kanker ovarium, sekaligus membandingkannya dengan 9.800 perempuan pengguna bedak yang bebas kanker.

Tim peneliti mengingatkan bahwa partikel dalam bedak yang terdapat di area genital bisa melakukan perjalanan ke dalam tubuh wanita dan memicu peradangan. Kondisi ini memungkinkan sel-sel kanker berkembang. Sekitar 40 persen wanita diperkirakan secara teratur menggunakan bedak untuk kebersihan di sekitar daerah intimnya.

Secara tradisional, bedak talk digunakan pada bayi dan wanita lanjut usia untuk menjaga kulit agar tetap kering dan menghindari ruam. Namun, apakah kini sebaiknya penggunaan bedak talk ini harus dihentikan?

"Studi terbaru mencerminkan minat yang ada terkait penelitian faktor risiko kanker. Namun, seringkali risiko kanker melibatkan interaksi banyak faktor kompleks yang penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami dan tengah berkembang," kata Chief Executive Cancer Australia's, Profesor Helen Zorbas, seperti yang dilansir laman Sydney Morning Herald, Jumat (30/8).

Menurut Zorbas, ada beberapa faktor yang membuktikan bahwa individu berada pada risiko kanker yang lebih besar. Namun, Zorbas menegaskan bahwa setidaknya sepertiga dari semua kasus kanker bisa dicegah.

"Pilihan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, menjaga berat badan, olahraga, konsumsi makanan bergizi dan batasi alkohol bisa jadi pilihan terbaik," kata Zorbas lebih lanjut.

Selain bedak talk, masih ada lima hal mengejutkan yang bisa meningkatkan risiko kanker. A[a saja itu?

BAGI sebagian orang, menggunakan talcum powder atau bedak talk memang menyegarkan. Namun, waspadalah karena terlalu sering menggunakan bedak talk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News