Konsumsi Ikan Saat Hamil Dapat Turunkan Kecemasan

Konsumsi Ikan Saat Hamil Dapat Turunkan Kecemasan
Konsumsi Ikan Saat Hamil Dapat Turunkan Kecemasan

jpnn.com - SEORANG ibu hamil seringkali mengalami kecemasan berlebihan, khususnya menjelang hari persalinan. Ini tentu memberi dampak terhadap kesehatan mental ibu dan janin. Namun, sebuah studi terbaru menyatakan bahwa kecemasan saat hamil dapat dikurangi dengan mengonsumsi ikan.

Dalam studi ini, tim peneliti dari The Federal University of Pelotas melakukan penelitian terhadap 9.500 wanita. Mereka dikelompokkan berdasarkan pola dietnya. Pada usia kehamilan 32 minggu, semua responden diminta untuk melengkapi kuesioner tentang tingkat kecemasan mereka.

Hasilnya, ditunjukkan bahwa mengonsumsi 1 porsi ikan gelap atau berminyak setiap minggunya dapat memberi efek terhadap tingkat kecemasan ibu dalam melalui proses kehamilan.

Studi tersebut juga menunjukkan hasil bahwa, ibu hamil yang tidak pernah atau jarang makan ikan gelap atau berminyak seperti salmon dan tuna, 53 persen lebih mungkin untuk mengalami kecemasan tingkat tinggi pada trimester ketiga. Hasil ini didapat jika dibandingkan dengan ibu hamil yang makan ikan sedikitnya sekali dalam seminggu.

Selain itu, nyatanya ibu hamil vegetarian juga 25 persen lebih mungkin untuk mengalami kecemasan dibandingkan dengan ibu hamil yang mengkonsumsi ikan dan daging.

" Dalam tujuan untuk memiliki kehamilan yang sehat, para wanita perlu juga diberi pengetahuan tentang diet sehat," kata pemimpin studi, Juliana Vaz, seperti dilansir laman Deccan Chronicle, Jumat (30/7).

Vaz merekomendasikan ibu hamil agar mengkonsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian, sayuran, daging, ayam, dan ikan.

Studi ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Plos One. (fny/jpnn)


SEORANG ibu hamil seringkali mengalami kecemasan berlebihan, khususnya menjelang hari persalinan. Ini tentu memberi dampak terhadap kesehatan mental


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News