Begini Analisis Pakar Komunikasi Kalau Zulkifli Masuk ke Kabinet Jokowi

Begini Analisis Pakar Komunikasi Kalau Zulkifli Masuk ke Kabinet Jokowi
Zulkifli Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Tamil Selvan menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengalami kerugian apabila memasukan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ke dalam kabinet.

Berdasar hasil analisis Tamil, kerugian besar yang dialami Jokowi adalah dicap masih menjalankan politik transaksional atau jika diistilahkan bagi-bagi jatah kursi.

“Nuansa bagi-bagi kursi akan sangat kental,” ujar Tamil ketika dikonfirmasi, Jumat (26/11).

Tamil menambahkan dengan masuknya Zulkifli Hasan ke dalam kabinet pemerintahan akan menjadi bumerang yang sangat merusak citra pemerintah.

Menurutnya, hal ini karena Zulkifli masih membawa dosa masa lalu saat menjabat sebagai menteri kehutanan.

Saat itu, orang nomor satu di PAN ini terseret-serat kasus alih fungsi hutan menjadi lahan perkebunan sawit yang diperiksa KPK.

“Maka publik akan membandingkan bagaimana kinerja Zulikfli ketika menjabat sebagai menteri kehutanan dulu. Berapa banyak lahan yang dialihkan menjadi kebun sawit,” kata dia.

Secara politik kata Tamil, merupakan hal yang wajar jika Zulkifli Hasan mendapat jabatan menteri sebagai simbol koalisi partai politik.

Pakar komunikasi politik Tamil Selvan menyampaikan analisisnya mengenai kabar Zulkifli Hasan akan masuk ke kabinet Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News