Begini Cara Aktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud, Ada Informasi Bantuan Pemerintah dan Asesmen Nasional

Begini Cara Aktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud, Ada Informasi Bantuan Pemerintah dan Asesmen Nasional
Sesjen Kemendikbud Ainun Na'im. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na`im mengatakan akun pembelajaran dengan domain belajar.id bisa digunakan siswa, guru, dan tenaga kependidikan selama belajar dari rumah. Jenis layanan pembelajaran yang bisa diakses dengan akun pembelajaran di antaranya adalah surat elektronik (email), penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik. 

Juga pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik, pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sikronus maupun asinkronus, dan Rumah Belajar Kemendikbud untuk materi pembelajaran. 

“Daftar lengkap layanan pembelajaran yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran dapat dilihat di laman belajar.id,” terangnya pada peluncuran akun pembelajaran secara virtual, Jumat (10/12). 

Berikut cara mengakses dan mengaktifkan akun pembelajaran:

1. Operator satuan pendidikan masuk ke laman Kemendikbud.

2. Setelah masuk laman tersebut, operator satuan pendidikan memilih tombol unduh akun untuk mengunduh dokumen CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) akun pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan. 

3. Operator satuan pendidikan mendistribusikan akun pembelajaran tersebut kepada setiap pengguna akun pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan.

4. Untuk mengaktifkan akun pembelajaran, pengguna menggunakan user ID dan password akun pembelajaran untuk login di laman email Google.

Kemendikbud menyediakan berbagai informasi seperti bantuan pemerintah dan asesmen nasional di akun pembelajaran sehingga siswa dan guru diharapkan segera mengaktifkannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News