Kemendikbud Luncurkan Akun Pembelajaran dari Rumah untuk Siswa dan Guru

Kemendikbud Luncurkan Akun Pembelajaran dari Rumah untuk Siswa dan Guru
Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin Kemendikbud) meluncurkan akun pembelajaran dengan domain belajar.id.

Akun elektronik tersebut bisa digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Ainun Na`im mengatakan, akun pembelajaran dibuat dengan tujuan mendukung kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi. 

“Harapannya melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi dapat mendukung proses pembelajaran di satuan Pendidikan,” tutur Sesjen Kemendikbud Ainun Na'imketika memberi paparan pada peluncuran akun pembelajaran secara virtual, Jumat (10/12). 

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan digitalisasi pendidikan merupakan terobosan yang perlu diapresiasi.

Kalau bicara transformasi digital, ada 3 pilar yang dikembangkan yakni masyarakat, pemerintah, ekonomi/bisnis. 

“Kami ingin komponen bangsa ini semua bisa terlibat dalam transformasi digitalisasi. Ke depannya sektor pendidikan sangat seksi di era tranformasi digital karena akan ada transformasi mendasar di sektor pendidikan. Mengingat banyaknya aplikasi yg diciptakan untuk mengatasi tantangan yg ada selama ini," terangnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Semuel mengatakan, diperlukan ketuntasan infrastruktur penunjang digitalisasi, khususnya keamanan data.

Kemendikbud meluncurkan akun pembelajaran bagi para siswa dan guru untuk memudahkan belajar dari rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News