Begini Cara Aman Menggunakan Dompet Kripto ala ViaWallet

Begini Cara Aman Menggunakan Dompet Kripto ala ViaWallet
Begini Cara Aman Menggunakan Dompet Kripto ala ViaWallet. Ilustrasi Foto: Coinex

jpnn.com, JAKARTA - Data dari ViaWallet Explorer menyebutkan bahwa ada sekitar 250 ribu transaksi bitcoin baru tiap hari, sedangkan 

Sementara itu, Etherscan.io mengungkapkan volume transaksi harian dari jaringan Ethereum mencapai sekitar 1 juta. Ini menunjukkan adanya permintaan besar untuk transaksi aset kripto.

Tentu saja perputaran itu sering memancing minat dari pelaku kejahatan. Baru-baru ini, terkadang kripto tidak dikirim ke penerima, meskipun transaksi sudah dikonfirmasi oleh blockchain.

Contohnya, si A yang mengirim USDT 100 ke alamat dompet kripto si B dan si B berhasil menerima dana tersebut.

Besoknya, si A mencoba mengirim lagi USDT 200 ke si B. Namun, si A ingin menghemat waktu dan mengklik riwayat transaksi untuk menyalin alamat si B dan menempelkannya ke halaman transaksi. Namun, saat transaksi selesai, si B mengatakan bahwa USDT 200 yang dikirim si A tidak ia terima.

“Alamat dompet kripto tipikal adalah rangkaian sepuluh digit yang terdiri dari huruf dan angka, membuatnya benar-benar tidak dapat dibaca dan diingat,” ujar CEO dan Pendiri crypto exchange CoinEx, Haipo Yang, dalam keterangannya, Senin (19/12).A

Dalam contoh kasus di atas, alamat si B telah disamarkan oleh aktor jahat yang alamatnya mirip seperti milik si B (digit pertama dan lima digit terakhir).

Si A pun mengira transaksi yang ia lakukan akan diterima oleh si B setelah memeriksa lima digit terakhir dari alamat yang disamarkan tersebut.

Ada cara aman dalam menggunakan dompet kripto melalui ViaWallet. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News