Begini Cara Bea Cukai Dukung UMKM Tembus Pasar Internasional

Begini Cara Bea Cukai Dukung UMKM Tembus Pasar Internasional
Bea cukai memberikan pemahaman terkait ketentuan ekspor guna membantu UMKM menembus pasar internasional. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bea Cukai terus aktif berperan sebagai narasumber dalam berbagai kegiatan.

Langkah itu dilakukan untuk memberikan pengetahuan terhadap ketentuan kepabeanan sering menjadi hambatan utama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan ekspor.

Di Yogyakarta, Bea Cukai ikut terlibat dalam kegiatan inkubator bisnis kewirausahaan menembus batas (PIJAR Beyond The Boundary) pada 27 November 2023.

Program yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM D.I. Yogyakarta itu memiliki tujuan memberikan pemahaman terkait ketentuan ekspor guna membantu UMKM menembus pasar internasional.

“Bea Cukai berkomitmen untuk terus mendorong kinerja UMKM salah satunya dengan program klinik ekspor, yang memberikan akses informasi terkait perizinan, prosedur, dan tata cara kegiatan ekspor impor kepada masyarakat luas," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

"Fasilitas lainnya adalah kemudahan impor tujuan ekspor industri kecil dan menengah (KITE IKM), yang merupakan fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai untuk membantu UMKM yang membutuhkan bahan baku asal impor untuk produksi barang ekspor,” sambungnya.

Encep mengungkapkan selain menjadi narasumber dalam kegiatan PIJAR Beyond The Boundary, Bea Cukai juga aktif terlibat dalam program pengusaha wanita mandiri (Prostari) yang diinisiasi oleh Bea Cukai Yogyakarta pada 22 November 2023 lalu.

Dalam pelatihan Prostari, narasumber dari diKemas.com dan Kantor Wilayah DJP D.I Yogyakarta turut memberikan wawasan berharga kepada UMKM anggota.

Bea cukai memberikan pemahaman terkait ketentuan ekspor guna membantu UMKM menembus pasar internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News