Begini Cara Bea Cukai Ikut Menekan Penyebaran Corona di Indonesia

Begini Cara Bea Cukai Ikut Menekan Penyebaran Corona di Indonesia
Foto: kiriman dari Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai ikut melakukan berbagai langkah preventif mencegah penyebaran virus corona, demi keselamatan petugas dan juga masyarakat.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat mengungkapkan bahwa petugas Bea Cukai di berbagai wilayah, khususnya yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa telah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona.

“Berbagai langkai preventif di antaranya menggunakan alat pelindung diri (APD) standar saat bertugas seperti masker dan sarung tangan, menyediakan hand sanitizer di lokasi kerja, serta menjaga lingkungkan tempat bertugas tetap steril dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Salah satunya seperti yang telah dilakukan oleh Bea Cukai Bandar Lampung dan Bea Cukai Bengkalis, pada Kamis (26/3), yaitu penyemprotan disinfektan di Pos Lalu Bea Kantor Pos Pahoman Bandar Lampung, Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja, dan Pelabuhan Roro Bengkalis.

Para petugas juga dilengkapi APD untuk menjaga kebersihan dan sterilisasi.

Syarif menambahkan bahwa langkah preventif juga dilakukan kepada masyarakat. “Seperti yang dilakukan Bea Cukai Merauke bersinergi bersama Puskesmas, Imigrasi, dan Karantina setempat dengan memberikan sosialisasi mengenai pencegahan COVID-19 dan melalukan penyemprotan disinfektan di empat desa,” ungkapnya.

Tidak hanya di darat, langkah pencegahan ini juga dilakukan oleh tim patroli laut Bea Cukai Wilayah Maluku bersama Polda Maluku dengan memberikan edukasi serta imbauan kepada masyarakat di sekitar perairan Teluk Ambon tentang pencegahan penyebaran virus ini.

“Kegiatan edukasi seperti ini sangat penting dilakukan agar masyarakat lebih peduli dan waspada terhadap bahaya penyebaran Covid-19,” ujar Syarif.

Tidak hanya di darat, Bea Cukai juga melakukan pencegahan di laut dengan memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar Teluk Ambon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News