Begini Cara Bea Cukai Tingkatkan Ekspor UMKM di 3 Wilayah Ini

Begini Cara Bea Cukai Tingkatkan Ekspor UMKM di 3 Wilayah Ini
Bea Cukai melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan ekspor dari UMKM di daerah. Foto: ilustrasi/Bea Cukai

jpnn.com, MAKASSAR - Bea Cukai secara kontinu berupaya meningkatkan kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi melalu ekspor.

Langkah strategis pun dilakukan melalui berbagai kegiatan yang digelar Bea Cukai di 3 wilayah ini, yakni Makassar, Jeneponto, dan Kediri.

Bea Cukai Makassar berpartisipasi dalam edukasi dan memberikan layanan konsultasi kepada masyarakat dan UMKM dalam kegiatan 'Anging Mammiri Business Fair' (AMBF).

AMBF adalah business matching antara aggregator atau potential buyer dengan UMKM di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan ini digelar pada 8-9 November 2023 yang merupakan hasil kerja sama dengan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel).

Di Kabupaten Jeneponto, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) berperan sebagai pengajar dalam Pelatihan dan Pendampingan Tahap Dasar dan Lanjutan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berorientasi Go Global.

Dihadori 20 UMKM, kegiatan ini berlangsung pada 7-9 November 2023 untuk memberikan pemahaman tentang ketentuan ekspor dan persiapan UMKM untuk ekspansi global.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar menyampaikan pelatihan ini merupakan hasil kerja sama antara Bea Cukai Sulbagsel, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP).

Bea Cukai melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan ekspor dari UMKM di 3 daerah ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News