Begini Cara Dishub DKI Cek Manifest Kapal Pulau Seribu

Begini Cara Dishub DKI Cek Manifest Kapal Pulau Seribu
Kondisi di Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara. Foto Fandi Permana/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Manajemen pengangkutan penumpang kapal tradisional menuju Pulau Seribu di Kali Adem, Jakarta Utara terus dibenahi.

Sebelum keberangkatan, petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengecek kesiapan kapal yang mengangkut wisatawan.

Petugas Dishub dan Syahbandar turun langsung mengecek kesiapan kapal, alat keselamatan kapal, dan manifest yang terdata oleh kru kapal.

"Para penumpang KM Pesona Alam, dimohon untuk mengenakan jaket pelampung. Kepada kru kapal untuk segera memberi pelampung untuk penumpang yang belum dapat," kata seorang petugas Dishub yang mengimbau penumpang kapal di Dermaga 1 Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara, Senin (9/1).

Sepuluh menit sebelum kapal belayar, kru kapal menyerahkan data manifest penumpang yang hendak berlayar ke Pulau Seribu.

Petugas Dishub dan Syahbandar menerima data manifest sekaligus mengecek ulang agar data yang dipegang sesuai dengan manifest.

"Sekali lagi, penumpang yang terhormat dimohon kerja samanya untuk keselamatan bersama. Segera dipakai jaket pelampung yang sudah tersedia di dalam kapal. Jika terjadi hal-hal darurat harap segera menghubungi awak kapal atau nakhoda kapal," imbau seorang Syahbandar yang bertugas.

Meski sempat terjadi kecelakaan pekan lalu, arus wisata ke Pulau Seribu tetap normal. Manajemen keberangkatan pun diawasi ketat dan fasilitas kapal terus ditingkatkan.(mg5/JPNN)


Manajemen pengangkutan penumpang kapal tradisional menuju Pulau Seribu di Kali Adem, Jakarta Utara terus dibenahi.


Redaktur & Reporter : Fandi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News