Begini Cara Mencegah Pemilih Ganda di TPS

Begini Cara Mencegah Pemilih Ganda di TPS
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno meminta seluruh penyelenggara, terutama petugas di tempat pemungutan suara (TPS) berhati-hati dalam menjalankan tugas pada pemungutan suara 15 Februari mendatang terutama terkait pemilih ganda. Hal tersebut perlu diantisipasi dengan beberapa langkah mulai dari mengambil foto orang yang dicurigai, hingga meminta pemilih tersebut menunjukkan kartu identitas lain, selain KTP elektronik yang ada.

“Jadi kalau mereka (petugas, red) ragu dengan KTP yang digunakan untuk memilih supaya diambil fotonya dan menanyakan identitas lain. Itu untuk mengantisipasi,” ujar Sumarno di kantornya Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (7/2).

Menurut Sumarno, imbauan tersebut telah disampaikan ke seluruh penyelenggara. Dengan demikian nantinya saat bertugas dapat dipedomani dengan baik.

"KPU itu tugasnya melakukan pemungutan suara, seluruh petugas dipastikan sudah siap,” ucap Sumarno.

Selain itu, penyelenggara kata Sumarno, pihaknya juga telah menerima data terkait penduduk yang telah melakukan perekaman data kependudukan, namun belum memiliki fisik e-KTP. Jumlahnya per tanggal 29 Januari lalu mencapai 57 ribu jiwa.

"Kemungkinan itu akan ada penambahan dan kami akan meminta update tiap minggu. Pemilih yang tinggal di rusun (rumah susun,red) jsudah tercatat dan kami sudah data juga," pungkas Sumarno.(gir/jpnn)


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno meminta seluruh penyelenggara, terutama petugas di tempat pemungutan suara (TPS) berhati-hati


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News