Begini Cara Polda Riau Melestarikan Batik Indonesia

Begini Cara Polda Riau Melestarikan Batik Indonesia
Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto (tengah) mengenakan baju batik di hari batik nasional. Foto:Rizki Ganda Marito/jpnn.

jpnn.com, PEKANBARU - Perayaan Hari Batik Nasional, Polda Riau mengajak seluruh masyarkat melestarikan budaya penting di Indonesia ini dengan cara mengamplifikasikan di kegiatan sehari-hari.

Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto saat menghadiri kegiatan ‘Semarak Batik Riau Menyapa Dunia’ di Mall Pekanbaru, Minggu (2/10).

“Kita semua memperingati hari batik. Kami dari Polda Riau mengajak untuk terus melestarikan budaya bangsa ini,” kata Sunarto.

Selanjutnya kata perwira menengah polri ini, bahwa banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan batik.

Sunarto mencontohkan seperti yang sudah diterapkan oleh Polda Riau dan jajarannya, yakni mengenakan seragam dengan motif batik pada hari tertentu. Minimal satu kali dalam seminggu.

“Iya Polisi itu kan ada ada seragam ada yang tidak berseragam. Jadi, setiap Jumat kami mengenakan batik. Ini sudah lama terapkan sebagai bentuk melestarikan budaya batik,” bebernya.

Sunarto berharap agar masyarakat terus mengamplifikasikan penggunaan batik untuk menjaga kebudayaan yang diakui dunia ini. Khususnya terhadap batik Riau yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya.

“Budaya ini harus dilestarikan,” pesan Sunarto. (mcr36/jpnn)

Hari Batik Nasional Polda Riau mengajak seluruh masyarkat melestarikan budaya penting di Indonesia ini dengan cara mengamplifikasikan di kegiatan sehari-hari.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News