Begini Cara Prabowo-Gibran Membantu Milenial dan Gen Z Punya Rumah

Begini Cara Prabowo-Gibran Membantu Milenial dan Gen Z Punya Rumah
Ilustrasi-Pasangan Calon Presiden - Calon Wakil Presiden untuk Pemilu 2024 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Program rumah murah yang diinsiasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan menjangkau masyarakat berpenghasilan rendah, milenial dan gen z di pedesaan mau pun perkotaan.

Untuk diketahui, program rumah murah capres-cawapres no urut 2 ini dirancang untuk mengurangi backlog perumahan yang jumlahnya mencapai sekitar 12,7 juta.

Prabowo-Gibran menargetkan pembangunan 500 ribu unit rumah tapak dan 500 ribu unit hunian vertikal (rusunami dan rusunawa) di perkotaan.

Pasangan ini juga berencana merenovasi hingga 2 juta rumah di pedesaan pada tahun kedua menjabat.

Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Paulus Totok Lusida mengatakan program rumah Prabowo-Gibran akan menghadirkan hunian dengan harga terjangkau melalui subsidi.

Salah satu bentuk pemberian subsidi yang akan dilakukan, kata dia, yakni menanggung biaya pembangunan dan maintenance lift terutama pada pembangunan rumah hunian vertikal.

Karena dalam pembangunan sebuah rumah hunian vertikal yang terdiri dari 30 lantai, harga pembangunan dan maintenance lift yang paling mahal.

"Nah, apartemen (rumah hunian vertikal, red) itu kita bangunnya itu tidak bisa cuma lima lantai, karena penghabisan lahan. Karena yang butuh banyak. Jadi disediakan 30 lantai untuk 30 unit. Kemudian pembangunan itu yang paling mahal di biaya lift, dan itu ditanggung pemerintah. Supaya masyarakat tidak menanggung pembangunan biaya maintenance dan operasional lift," kata dia Jumat (1/12).

Prabowo-Gibran menargetkan pembangunan 500 ribu unit rumah tapak dan 500 ribu unit hunian vertikal (rusunami dan rusunawa) di perkotaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News