Rabu, 14 November 2018 – 11:15 WIB

Begini Caranya Punya Properti Tanpa Utang

Sabtu, 20 Agustus 2016 – 00:21 WIB
Begini Caranya Punya Properti Tanpa Utang - JPNN.COM

Ilustrasi. Foto: JPNN

JAKARTA – Membeli rumah tanpa utang rasanya memang terdengar mustahil bagi masyarakat kelas menengah. Namun, bukan berarti masyarakat middle class tak bisa mewujudkannya.

Pengusaha properti Cipto Junaedy menjabarkannya dalam strategi yang disebut B25. Membeli properti tanpa uang tanpa utang diulasnya dalam buku kelima yang berjudul Srtategi B25.

Acara peluncuran Strategi B25 yang dibarengi dengan rilis bukunya keempat berjudul 101: Kata-Kata Lecutan Harian di Jakarta belum lama ini.

Menurut Cipto, strategi cerdas yang dijalankan dalam menjalankan bisnis properti diawali dengan mengubah paradigma berpikir harus utang. Baginya, utang adalah racun yang merusak setiap sendi-sendi bisnis.

Jika usaha didirikan dengan utang, maka hal itu hanyalah perusak kelangsungan bisnis ke depannya.

“Utang adalah sebuah kekeliruan. Karena utang harus dibayar dengan waktu dan nominal pasti, sementara sumber pendapatan si pengutang belum pasti,” ulas Cipto.

Di dalam buku Strategi B25 dijabarkan bagaimana strategi tersebut dijalankan dengan rapi, lengkap dengan perhitungannya yang akurat dan rasional. “Strategi B25 ini adalah satu dari sekian strategi yang ada,” imbuhnya.

Strategi B25, lanjutnya, adalah trik berupa kepandaian dalam bernegosiasi dan juga memberikan keuntungan terhadap orang lain. Strategi negosiasi yang cerdas akan berdampak pada perputaran uang yang bisa mendapatkan properti ruko yang diinginkan tanpa uang dan utang.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar