Begini Gejala Awal Kelainan Kolesterol, Bukan Hanya Orang Gemuk Lho!

Begini Gejala Awal Kelainan Kolesterol, Bukan Hanya Orang Gemuk Lho!
Ilustrasi - Pasien Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, berolahraga pada hari pertama Idulfitri, Kamis (13/52021). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kelainan kolesterol atau disebut dislipidemia ternyata tidak hanya dialami orang gemuk, tetapi juga dapat terjadi terhadap mereka yang bertubuh kurus.

Demikian dikemukakan Ketua Divisi Endokrin Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM dr. Tri Juli Edi Tarigan.

"Orang dengan kolesterol tinggi enggak mesti gemuk. Jangan berpikir, orang yang kolesterol tinggi selalu identik dengan gemuk."

"Orang yang kolesterol tinggi itu bisa bawaan, enggak mesti orang diabetes dan obesitas," ujarnya dalam webinar bertajuk 'Pentingnya Pengelolaan Diabetes dan Dislipidemia: Upaya Menurunkan Risiko Komplikasi Penyakit Jantung dan Kardiovaskular', Jumat (13/8).

Masalah kesehatan ini sebenarnya mencakup semua kelainan metabolisme lipid di dalam tubuh seseorang beragam spektrum mulai dari tidak ada keluhan sampai mereka dengan terkena stroke dan lainnya.

Kebanyakan pasien dislipidemia pada awalnya tak mengalami keluhan.

Kalaupun ada biasanya sebatas pegal-pegal, tengkuk terasa tidak nyaman, sakit kepala.

Penyebabnya terbagi dua yakni primer dan sekunder.

Pada penyebab primer, biasanya karena kelainan bawaan dan kolesterol LDL atau trigliserida sangat tinggi.

Begini gejala awal seseorang mengalami kelainan kolesterol, bukan hanya orang gemuk lho.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News