Begini Harapan KSAL Kepada Prajurit Komando Armada dan Pasukan Marinir TNI AL

Begini Harapan KSAL Kepada Prajurit Komando Armada dan Pasukan Marinir TNI AL
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan pengarahan pada acara olahraga bersama dengan seluruh prajurit TNI AL wilayah Sorong di Mako Koarmada III Sorong Papua Barat, Jumat (10/7). Foto: Dispenal

jpnn.com, SORONG - Komando Armada (Koarmada) I, Koarmada II, dan Koarmada III serta Pasukan Marinir (Pasmar) 1, Pasmar 2, dan Pasmar 3 diharapkan memiliki kekuatan dan kemampuan yang sama sehingga apabila terjadi emergensi di wilayah Pasifik dan Laut Arafuru tidak perlu lagi menggeser unsur dari Surabaya maupun Jakarta, tetapi dapat diatasi dari Sorong, dalam hal ini Koarmada III dan Pasmar 3.

Hal tersebut diungkapkan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan pengarahan pada acara olahraga bersama dengan seluruh prajurit TNI AL wilayah Sorong yakni Koarmada III, Pasmar 3, dan Lantamal XIV Sorong di Mako Koarmada III Jalan Bubara No. 1, Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (10/7).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja KSAL selama dua hari, 9-10 Juli 2020 di Sorong, Papua Barat.

Menurut Laksamana Yudo, untuk mampu mengatasi emergensi di wilayah Pasifik dan Laut Arafuru maka sarana dan prasarana serta Alutsista Koarmada III dan Pasmar 3 akan dipenuhi secara bertahap, termasuk personel pengawaknya.

“Jadi untuk menghadapi tiga trouble spot, TNI AL sudah bisa mengatasinya dengan kehadiran Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III beserta kekuatan SSAT lainnya yaitu KRI, pesawat patroli maritim, Pangkalan, dan Pasukan Marinir,” tegasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan personel Koarmada III, saat ini sedang diselenggarakan seleksi penerimaan calon Bintara dan Tamtama program khusus TNI AL tahun 2020 dengan prioritas putra Papua sebanyak 200 orang, masing-masing 100 Bintara dan 100 Tamtama.

Pendidikan Bintara dan Tamtama tersebut akan dilaksanakan di Sorong serta penempatannya di Koarmada III dan jajarannya. Dengan rekrutmen putra daerah Papua, Kasal mengharapkan mereka akan memiliki profesionalisme yang sama dengan Koarmada I dan Koarmada II.

“Sementara kekuatan Alutsista akan dipenuhi secara bertahap, baik Kapal Perang, pesawat patroli maritim maupun Pasukan Marinir, sehingga kekuatan dan kemampuan Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III, serta Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3, serta Lantamal I sampai XIV, memiliki kekuatan dan kemampuan yang merata,” tegasnya.

Koarmada III harus memiliki kemampuan coverage area yang meliputi ALKI-3 (Alur Laut Kepulauan Indonesia) sampai ke timur Samudera Pasifik dan Laut Arafura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News