Begini Kegiatan Jokowi dengan Gubernur se-Indonesia Hari Ini di IKN, Semua Kumpul

Begini Kegiatan Jokowi dengan Gubernur se-Indonesia Hari Ini di IKN, Semua Kumpul
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan seluruh gubernur se-Indonesia di Kalimantan Timur, Minggu (13/3). Ilustrasi Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua hari, Senin (14/3) sampai Selasa (15/2), sangat padat di Kalimantan Timur. Para gubernur se-Indonesia pun diajak untuk terlibat di sejumlah kegiatan Presiden Jokowi.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan agenda Jokowi diawali dengan kunjungan ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Pertama adalah Bapak Presiden berangkat dari Balikpapan menuju ke IKN itu pada pagi hari di Senin. Selanjutnya kegiatan bersama para gubernur akan melakukan sebuah prosesi kegiatan, di mana tentunya kita sebagai orang timur meminta doa, memanjatkan doa, dan menjunjung kearifan lokal di Kalimantan Timur ini," ujar Heru dalam konferensi pers di Balikpapan, Minggu (13/3) malam.

Selanjutnya, kata Heru, Presiden Jokowi mengharapkan kehadiran 34 gubernur se-Indonesia mendorong seluruh elemen masyarakat dapat menyukseskan program pembangunan IKN. Terlebih, pembangunan IKN merupakan sebuah pekerjaan besar yang membutuhkan dukungan dan doa dari semua pihak.

Heru menyampaikan seluruh gubernur juga membawa tanah dan air dari masing-masing wilayahnya, sesuai dengan kearifan dan budaya lokal. Selanjutnya, para gubernur akan menyerahkan tanah dan air tersebut kepada presiden yang kemudian akan dituangkan ke dalam gentong yang telah disiapkan.

"Kenapa tanah dan air? Tentunya kita adalah negara nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua dan kearifan lokal itu berbeda-beda, dituangkan di dalam sebuah simbolis tanah dan simbolis air dijadikan satu menjadi kalimat Tanah Air. Kira-kira seperti itu. Para gubernur sudah melakukan prosesi itu di masing-masing tempatnya dan puncaknya nanti besok bersama Bapak Presiden," jelas Kasetpres.

Selepas itu, presiden bersama para gubernur akan mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama. Semua pihak yang terlibat akan menanam pohon yang berbeda-beda.

"Kami dari Sekretariat Presiden bersama dengan Kementerian PU, Kementerian Lingkungan Hidup mempersiapkan pohon-pohon yang akan ditanam oleh seluruh gubernur bersama Bapak Presiden," imbuh Kasetpres.

Presiden Jokowi memiliki agenda padat selama dua hari di Kaltim. Para gubernur se-Indonesia pun diajak terlibat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News