Begini Langkah Bea Cukai Memajukan Ekspor Pelaku UMKM

Begini Langkah Bea Cukai Memajukan Ekspor Pelaku UMKM
Bea Cukai bersinergi dengan instansi lain untuk terus membantu ekspor pelaku UMKM. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan instansi lain untuk menciptakan program yang mengakselerasi ekspor para pelaku UMKM.

Kegiatan sinergi dalam rangka mendorong ekspor kembali dilaksanakan oleh beberapa unit vertikal Bea Cukai, yaitu Bea Cukai Marunda, Cirebon, dan Batam. Pada Juli, Bea Cukai Marunda melaksanakan asistensi UMKM lewat kunjungan ke Rumah BUMN. 

“Rumah BUMN Jakarta merupakan sebuah wadah sebagai bentuk upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Rumah bersama ini untuk berkumpul, belajar, dan membina para pelaku UKM,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan.

Di Jawa Barat, Bea Cukai Cirebon bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUMKMPP) Kota Cirebon membahas program UMKM Naik Kelas Kota Cirebon. 

Bea Cukai Cirebon menyatakan siap memberikan asistensi kepada para pengusaha UMKM yang berpotensi ekspor. 

Bea Cukai optimistis perkembangan ekonomi di wilayah Cirebon makin berkembang seiring meningkatnya industri dan fasilitas perdagangan.

Pembahasan terkait upaya mendorong ekspor dilaksanakan Bea Cukai Batam dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kementerian Investasi. 

Upaya mempercepat pendapatan devisa negara melalui ekspor terus diupayakan dalam rangka meraih visi Indonesia pada 2045 menjadi negara pendapatan tinggi.

Bea Cukai menjalin sinergi untuk menyatukan visi dan misi demi kemajuan ekspor pelaku UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News