Begini Langkah Strategis Kemenaker Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem

Begini Langkah Strategis Kemenaker Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto: Humas Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memiliki sejumlah langkah strategis dalam perluasan kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan.

Langkah-langkah itu menurutnya dilakukan melalui upaya mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, serta mendorong peningkatan pendapatan.

Upaya Kemenaker juga dilakukan melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pemula dengan target 100.000 orang dan TKM lanjutan 1.800 orang.

Kemudian, melalui Program Desmigratif (Desa Migran Produktif) dalam membangun usaha mandiri yang produktif. Program Desmigratif melibatkan peran aktif pemerintah desa dengan target 150 desa.

“Sehingga desmigratif tidak hanya membantu masyarakat desa yang ingin bekerja ke luar negeri, namun juga dapat memperoleh pelayanan informasi usaha produktif melalui peran pemerintah desa,” ucap Menaker Ida Fauziyah.

Hal itu disampaikannya saat mengikuti secara virtual Rapat Pleno Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Rabu (25/8).

Ida menjelaskan, saat ini kemiskinan cenderung lebih tinggi pada daerah pedesaan, namun tingkat pengangguran lebih tinggi di perkotaan.

Kondisi itu menurut dia mengindikasikan adanya pekerja di pedesaan yang sudah bekerja tetapi tingkat pendapatannya belum mampu memenuhi kebutuhannya.

Menaker Ida Fauziyah membeberkan upaya Kemenaker dalam perluasan kesempatan kerja dan penanggulangan pengangguran dan kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News